Ada 4 Tahun Baru di Indonesia

Ada 4 Tahun Baru di Indonesia
Ada 4 Tahun Baru di Indonesia

Pic by Pixabay, Ada 4 Tahun Baru di Indonesia

Infonesia, ragam suku, etnis, agama di bangsa Indonesia melahirkan kultur budaya yang berwarna-warni. Salah satunya adalah tahun baru, Indonesia memiliki 4 kali tahun baru di setiap tahunnya. Mau tahu tahun baru apa saja yang dirayakan di Indonesia? Simak ya Infonesia.

1. Perayaan Tahun Baru Masehi.
Perayaan pertama kali jatuh pada tanggal 1 Januari 45 SM. Permulaan penentuan Tahun Masehi (Gregorian) adalah hari lahir Nabi Isa. Sistem kalender masehi sekarang berakar dari sistem Kalender Julian yang merupakan sistem Kalender Romawi. Reformasi kalender ini dilakukan Julius Caesar pada tahun 45 SM dengan bantuan seorang ahli matematika dan astronomi Alexandria yang bernama Sosigenes. karena Indonesia menggunakan Kalender Masehi maka tiap 1 Januari menjadi perayaan tahun baru dan libur nasional.

2. Perayaan Tahun Baru Hijriyah.
Perayaan tahun baru Hijriyah jatuh pada tanggal 1 Muharram. 1 Hijriyah dihitung sejak peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW beserta para pengikutnya dari Makkah ke Madinah. Muharram atau Suro menjadi bulan awal tahun baru bersama-sama antara Islam dan Jawa di Indonesia. Islam sebagai agama mayoritas penduduk Indonesia, sehingga 1 Muharram menjadi perayaan tahun baru Islam dan libur nasional.

3. Perayaan Tahun Baru Saka
Kalender saka merupakan sistem penanggalan Syamsiyah dan Kamariyah dari India. Raja Kaniska I dari dinasti Kushana dan suku bangsa Yuehchi mengangkat sistem Kalender Saka menjadi kalender kerajaan pada tahun 79M. Pada jaman Majapahit, Kalender Saka dipakai untuk kalender kerajaan dan eksis sampai sekarang. Perayaan tahun Saka di Indonesia ditandai dengan Hari Raya Nyepi. Biasanya jatuh pada bulan Maret atau awal bulan April.

4. Perayaan Tahun Baru Imlek.
Dalam kalender Gregorian, Tahun Baru Imlek jatuh pada tanggal yang berbeda setiap tahunnya, antara tanggal 21 Januari sampai 20 Februari. Tahun pertama Tahun Baru Imlek/Yinli dihitung berdasarkan tahun pertama kelahiran Kongfuzi (Confucius). Hari Raya Imlek menjadi hari libur nasional mulai berlaku sejak 9 April 2002 lewat keputusan presiden.

Selamat merayakan tahun barunya masing-masing ya Infonesia. Tetap jaga persatuan dan kesatuan Indonesia.
Salam,
Tukang Info.

Tentang InfoAdmin

Tukang Info, Indonesia First Map Directory