Bagaimana Menjadi Atasan yang Dicintai

Bagaimana Menjadi Atasan yang Dicintai

Bagaimana Menjadi Atasan yang Dicintai

Mempunyai atasan yang baik dan bijaksana adalah harapan tiap pegawai. Tapi mungkin jarang ditemui, sehingga banyak dari kita sering mengeluh tentang sosok atasannya, sampai-sampai mereka membuat grup chatting tanpa mengundang atasan di dalamnya sebagai ruang berkeluh kesah.

Lantas bagaimana caranya menjadi atasan yang dicintai oleh bawahan?

Tunjukkan rasa percaya anda pada team.

Pesimis akan membawa pada dampak negatif dalam pekerjaan. Anda harus percaya tiap individu dalam tim memiliki potensi. Buatlah rasa nyaman sehingga mereka dapat terbuka. Dengan demikian anda akan mudah menggali potensi dari tiap individu di dalam tim. Bedah potensi mereka dan tunjukkan rasa percaya anda pada mereka bahwa mereka memang mampu.

Tunjukkan rasa peduli anda.

Apabila tiap individu memiliki rasa peduli akan menumbuhkan rasa kebersamaan. Sehingga mereka akan peduli terhadap lingkungan, terlebih linkungan tempat mereka bekerja. Berikan pujian atas keberhasilan yang mereka capai. Atau berikan solusi terhadap masalah yang mereka hadapi.

Ajak mereka diskusi untuk membuat strategi.

Strategi yang baik adalah inovasi. Ajaklah mereka berfikir untuk membuat terobosan baru guna mencapai tujuan. Dengan adanya kesepakatan bersama dalam menjalankan strategi, maka akan mempermudah tercapainya tujuan. Apalagi mereka merasa itu adalah buah pikiran bersama-sama. Tentu hal tersebut tidak akan membuat tim kecewa.

Tunjukkan rasa cinta anda pada pekerjaan.

Dengan adanya rasa cinta, maka akan menimbulkan kesadaran untuk melakukan dengan tulus. Sehingga bawahan juga akan meniru untuk mencintai pekerjaan mereka. Hal ini juga akan menghilangkan keterpaksaan yang biasa dialami para pegawai. Pekerjaan yang dilakukan dengan iklhas akan terasa lebih ringan. Berilah kesan positif terhadap perubahan-perubahan aturan perusahaan., bahwa hal itu demi kepentingan karyawan untuk lebih baik.

Fasilitasi mereka untuk menggapai impian.

Cobalah menjadi fasilitator bukan sebagai atasan yang hanya minta difasilitasi. Dengan anda memfasilitasi berarti anda secara tidak langsung juga mendukung mereka. Hal ini akan memberikan energi positif untuk semangat mereka mewujudkan apa yang mereka impikan. Gunakanlah gaya komunikasi yang baik dan mudah diterima. Niat baik tanpa komunikasi yang benar hanya akan menimbulkan penyesalan.

Jadilah atasan yang dirindukan bawahan, karena hal itu menandakan anda sebagai Lovely Reader. Jadi, lakukan hal-hal kecil di atas dan lihat perubahan yang terjadi pada tim anda.

mm

Tentang InfoAdmin

Tukang Info, Indonesia First Map Directory