Carter Godwin Woodson, si Father of Black History

Carter Godwin Woodson, si Father of Black History

Carter Godwin Woodson, si Father of Black History

Infonesia, tahukah kamu tentang Carter Godwin Woodson? kali ini Tukang Info akan mengulas Nice Biografi tokoh tersebut.

Carter G. Woodson lahir pada tanggal 19 Desember 1875 di New Canton, Virginia. Orang tuanya Anne Eliza dan James Henry Woodson adalah seorang mantan budak. Besar dari keluarga kurang mampu tidak menghalangi semangat Carter Woodson untuk belajar. Terbukti di usianya yang ke 20 dia masuk Douglass High School selama 2 tahun.

Pada tahun 1900 Woodson terpilih sebagai kepala sekolah di Douglass High School. Woodson mendapatkan gelar A.B. dan A.M dari University of Chicago pada tahun 1908. Tahun 1912 dia juga orang Afrika Amerika kedua yang mendapatkan gelar PhD di Harvard University.

Woodson mendirikan “The Association for The Study of Negro Life and History” pada tanggal 9 September 1915. Carter G. Woodson percaya dengan pendidikan dan peningkatan interaksi sosial bisa mengurangi rasisme. Dia menerbitkan ” The Scholarly Journal of Negro History” pada bulan Januari 1916. Pada tahun 2002 berganti nama menjadi “Journal of African American History”. Banyak aspek tentang sejarah Afrika Amerika yang ia pelajari. Sehingga menghasilkan buku-buku seperti A Century of Negro Migration (1918), The History of the Negro Church (1927).

Carter Godwin Woodson meninggal pada tanggal 3 April 1950. Dia adalah seorang sejarawan, jurnalis Amerika, penulis. Woodson juga disebut  “Father of Black History”. Sebelum adanya bulan sejarah hitam pada Febuari 1926, Ia meluncurkan perayaan “Negro History Week”. Bulan ini dipilih karena bertepatan dengan kelahiran abolisionis Frederick Douglass dan Presiden Abraham Lincoln.