Checkup Bisnismu Sebelum Terlambat

Checkup Bisnismu Sebelum Terlambat
Checkup Bisnismu Sebelum Terlambat

Checkup Bisnismu Sebelum Terlambat, pic by Pixabay

Sebagai pelaku bisnis anda harus mengukur keefektifan perubahan dari segi manfaat dan keuntungan utama. Tidak perduli besar atau kecil bisnis yang anda jalankan. Penganalisaan bisa dilakukan setiap triwulan, semester, bahkan tahunan. Bagimana caranya? Berikut ini 5 hal mudah untuk checkup bisnismu.

Bagaimana penjualan  year to date ?

Saat ada kenaikan grafik penjualan berarti ada petumbuhan (growth). Namun, bila perbandingan tahun lalu dengan tahun sekarang sama. pertumbuhan bisnis anda berarti dalam masalah. Untuk itu diperlukan strategi promosi yang lebih baik guna menunjang tumbuhnya penjualan.

Berapa prosentase pelanggan setia anda?

Jika hasil prosentase pelanggan setia bisnis anda rendah, maka perlu ditingkatkan. Secara finansial perbandingan mempertahankan pelanggan setia versus pelanggan baru bisa mencapai 5 banding 1. Artinya menjaga pelanggan tetap lebih hemat dibanding mencari pelanggan baru.

Apakah anda sudah benar-benar bicara dengan pelanggan anda?

Kebutuhan pelanggan menjadi kunci atas berlangsungnya bisnis anda. Pelanggan akan senang bila anda menaruh minat pada kebutuhan mereka. Sentuhan pribadi di dunia bisnis akan selalu diingat.

Bagaimana bisnis anda dibanding pesaing?

Setiap bisnis tidak peduli ukurannya pasti memiliki pesaing. Hal unik apa yang  anda tawarkan ke pelanggan dibanding pesaing? Harga terjangkau, service excellent, tempat yang nyaman, dan penawaran menarik lainnya.

Apakah karyawan anda bahagia?

Karyawan yang menyukai pekerjaan akan tidak terlambat, tidak memperhatikan waktu berhenti kerja, dan tidak menghabiskan waktu untuk kepentingan pribadi. Anda bisa mengamati mereka sepanjang hari. Anda tidak perlu tanya mereka secara langsung.

Jadi checkup  bisnis yang Infonesia jalankan. Lakukan perubahan yang efisien guna mengembangkan bisnis yang lebih besar.

Salam

Tukang Info

Tentang InfoAdmin

Tukang Info, Indonesia First Map Directory