Hari AIDS: Mari Berani Mengaku ODHA

Hari AIDS: Mari Berani Mengaku ODHA
Hari AIDS Mari Berani Mengaku ODHA

Hari AIDS Mari Berani Mengaku ODHA

Infonesia, pada hari ini 1 Desember 2016 tepat memperingati Hari Aids Sedunia. Virus HIV AIDS masih menjadi keresahan di seluruh dunia, dan perlu perhatian khusus untuk penanganannya.
HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia serta melemahkan kemampuan tubuh manusia untuk melawan infeksi dan penyakit. Bayangkan apa yang terjadi jika seseorang kehilangan kekebalan tubuhnya. Penyebabnya adalah hubungan kontak langsung melalui cairan dalam tubuh seperti air liur, darah, air mani, jarum suntik, antara penderita AIDS. HIV tidak sama dengan AIDS, karena AIDS adalah tingkat stadium akhir dari infeksi HIV. Manusia yang sudah terjangkit AIDS disebut ODHA, dimana kemampuan tubuh manusia untuk melawan infeksi sudah hilang total. Diagnosis HIV secara dini, serta penanganan yang tepat dan efektif bisa menjadi langkah awal agar pengidap HIV tidak berubah menjadi AIDS atau ODHA.
Bagaimana virus HIV bisa muncul dan berkembang menjadi penyakit AIDS tidak akan selesai jadi perdebatan. Banyak berita dan rumor tidak membuat mereka terbebas dari jeratan virus HIV. Yang terpenting bagaimana kita menyadari diri kita dan menjaga lingkungan kita untuk mencegah terjadinya HIV/AIDS.
Edukasi tentang larangan seks bebas dan Narkoba menjadi kampanye massal agar penyebaran dari HIV/AIDS bisa menurun. Mulailah dari diri sendiri. Periksakan diri kalian sebagai pendeteksian dini apakah kalian terjangkit HIV atau tidak. Hal ini berguna untuk melindungi kalian dari penyakit dan peduli terhadap kesehatan anda.
Bagi ODHA memang sudah banyak terapi-terapi medis untuk mengatasinya. Tetapi itu hanya berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh saja. Sehingga apabila diperiksa kembali di laboratorium, virus HIV tidak akan terdeteksi, padahal sebetulnya virus masih ada pada penderita. Jadi penderita tidak bisa dikatakan sembuh. Itu sebabnya melakukan pengecekan laboratorium secara berkala berguna sekali bagi semua orang yang sehat maupun ODHA,
Apabila di lingkungan Kalian sendiri mengetahui ada penderita ODHA, jangan kucilkan mereka. Pelajari bagaimana orang tersebut bisa terkena AIDS, untuk pencegahan terhadap diri kita, bukan menjahui penderitanya. Dengan keberanian mereka mengaku ODHA justru sebagai tindakan memutus penyebaran HIV/AIDS. Hargai perjuangan hidup mereka untuk tetap berguna bagi sesama manusia.

Selamat Hari AIDS

MARI BERANI MENGAKU ODHA !

Salam Tukang Info

Tentang InfoAdmin

Tukang Info, Indonesia First Map Directory