Hari Krida Pertanian : Mengenal Asuransi Usaha Tani Padi AUTP

Hari Krida Pertanian : Mengenal Asuransi Usaha Tani Padi AUTP

Gambar : pertanian.go.id

Infonesia, tahukah kamu tentang hari KRIDA PERTANIAN? Hari ini digunakan untuk memberikan apresiasi kepada sosok yang memberikan sumbangsih kepada negara lewat pertanian. Pertanian merupakan ketahanan pangan untuk ketersedian pakan bagi manusia. Posisi yang sangat penting namun belum mendapatkan posisi yang menguntungkan. Masalah klasik yang timbul adalah mahalnya harga pupuk dan jatuhnya harga jual saat panen. Hal ini sebenarnya bisa diatasi apabila petani mau berhijrah dari konvensional ke sistem organik. Memang butuh waktu lama untuk mengembalikan kesuburan tanah secara alami. Namun setelah itu petani tinggal menggunakan pupuk kandang dalam menjaga kesuburan tanahnya. Sehingga tidak bergantung pada pupuk kimia yang selama ini menjerat pengeluaran petani. Secara market di pasaran pun harga hasil tanaman organik lebih mahal. Sudah barang tentu akan menjadikan kenaikan profit bagi petani.

Begitu pentingnya pertanian di Indonesia, Pemerintah sangat memerhatikannya, hingga dibuatkan program asuransi pertanian dan perkebunan. Pemerintah yang diwakili Menteri Pertanian sudah bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara yaitu PT. Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo). Biaya yang di keluarkan petani setiap musim tanam sebenarnya Rp 180.000/ha,- akan tetapi dengan kerjasama dengan Menteri Pertanian biaya hanya menjadi Rp.36.000,-/ha. Petani akan mendapatkan Rp.6.000.000,-/ha saat terjadi kegagalan panen dengan kondisi rusak 75%. Kurangnya sosialisai terhadap asuransi pertanian ini membuat tidak meratanya pengetahuan petani. Padahal uang ini bisa dibuat modal awal lagi setelah gagal panen.

Gambar : pertanian.go.id

Ayo! Infonesia ikut memajukan pertanian Indonesia terlebih sarjana-sarjana yang lebih expert di bidang pertanian. Negara yang kaya ini harusnya tidak lagi mengimpor bahan pangan dari luar negeri. Tingkatkan produktifitas dan penuhi kebutuhan nasional dari dalam negeri sendiri. Indonesia katanya tanah surga. Emas ditanam saja bisa menjadi pohon emas.

Jangan sampai kelaparan di negeri agraris!!

Salam Tukang Info

Tentang InfoAdmin

Tukang Info, Indonesia First Map Directory