Infonesia, tahukah kamu tentang Pelabuhan Tanjung Mas Semarang? kali ini Tukang Info akan mengulas Nice Transportasi di Semarang tersebut.

Pelabuhan Tanjung Emas berada di daerah pesisir utara jawa, dan berada disebelah utara kawasan kota Semarang. Pelabuhan yang letaknya langsung menghadap ke laut jawa ini merupakan jantung utama pusat perekonomian dan pengiriman barang via ekspedisi laut di Semarang khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya. Pelabuhan Tanjung Mas mempunyai sejarah panjang yang berhubungan dengan urutan sejarah panjang Kota Semarang.
Pelabuhan tanjung mas atau pelabuhan semarang ini diresmikan oleh pemerintah pada tahun 1985. Merupakan pintu masuk utama barang ekspor dan impor dari dan ke Semarang serta Jawa Tengah. Tidak heran jika sekarang ini banyak perusahaan besar sengaja membangun pabriknya di kawasan pelabuhan guna mempermudah jalur akses ekspor dan impor.

Sejarah Pelabuhan Tanjung Mas Semarang

Sejarah tentang berkembangnya kota semarang tidak lepas dari keberadaan pelabuhan tanjung mas. Sejak jaman kerajaan Mataram, Pelabuhan Semarang adalah merupakan tempat berlabuhnya banyak kapal dagang yang datang dari berbagai daerah di dunia. Semarang saat itu merupakan kota kecil dengan penduduk yang belum terlalu banyak, tapi mempunyai pantai yang strategis sehingga banyak dikunjungi oleh kapal-kapal dari negara lain. Pada saat itu, semarang mempunyai kali yang cukup lebar sehingga bisa digunakan untuk mengangkut barang-barang dengan perahu kecil dari kota menuju ke kapal2 besar yang berlabuh jauh dilepas pantai dan sebaliknya. Pelabuhan Tanjung Mas pun lama kelamaan menjadi urat nadi perdagangan untuk kemajuan ekonomi di semarang.

Pelabuhan Tanjung Emas Semarang diperkirakan dibangun pada permulaan abad ke-19 terbukti dengan angka yang tertulis 1874 yang tertera pada Menara Suar. Setelah pembangunan pelabuhan selesai, perdagangan dipelabuhan di Semarang meningkat sangat pesat. Sehingga pada tahun 1925, pelabuhan ini menduduki peringkat ke 3 dalam hal kegiatan bongkar muat setelah Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan Tanjung Perak Surabaya. Meskipun dengan adanya resiko Rob, serta ketinggian air laut yang sewaktu waktu bisa naik tanpa diprediksi, namun dengan perhitungan cost dan efektifitas pengiriman barang, maka masih banyak perusahaan yang tetap membangun manufakturnya disini guna menghemat biaya produksi perusahaan.
Seiring meningkatya kegiatan operasional, maka pada tahun 1963 pelabuhan tanjung mas dibangun menjadi Pelabuhan Coaster atau Pelabuhan Nusantara yang dapat menampung kapal-kapal berukuran +2.000 DWT. Menurut data tahun 1970 sampai 1983, kenaikan arus barang rata-rata tiap tahun naik sebesar 10% sehingga memaksa pemerintah untuk mengembangkan Pelabuhan Tanjung Mas Semarang sebagai salah satu pelabuhan container di Indonesia.

Jam Buka

Senin

24 JAM

Selasa

24 JAM

Rabu

24 JAM

Kamis

24 JAM

Jumat

24 JAM

Sabtu

24 JAM

Minggu

24 JAM

Alamat

Our Address:

Jl. Coaster No.10 Semarang

GPS:

-6.9423079474144, 110.42388546473

Telepon:
PETA GPS

Tinggalkan Ulasan

Price
Location
Staff
Services
Food
Publishing ...
Penilaian Anda berhasil dikirim
Mohon isi semua bidang
Captcha check failed