Stasiun Semarang Tawang (SMT) atau terkadang disebut juga Stasiun Tawang adalah stasiun kelas besar tipe A di Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang. Stasiun yang terletak pada ketinggian +2 meter ini merupakan stasiun terbesar yang berada dalam pengelolaan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi IV Semarang sekaligus stasiun terbesar di Kota Semarang. Nama “Tawang” diambil dari nama kampung di dekat stasiun ini, yaitu Tawangsari.

Stasiun ini merupakan stasiun kereta api besar tertua di Indonesia setelah Semarang Gudang dan diresmikan pada tanggal 19 Juli 1868 untuk jalur Semarang Tawang ke Tanggung. Jalur ini menggunakan lebar 1435 mm. Pada tahun 1873 jalur ini diperpanjang hingga Stasiun Solo Balapan dan berlanjut hingga Stasiun Lempuyangan di Yogyakarta. Dulu, selain ada rel ke Stasiun Semarang Gudang, terdapat juga rel menuju Demak yang kini sudah tidak berguna lagi. Rencananya, jalur menuju ke Demak tersebut akan diaktifkan kembali. Di sisi utara stasiun ini, juga akan dibangun terminal petik emas. Hal ini dilakukan guna mempermudah proses pengangkutan peti kemas menuju ke Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Letak stasiun ini tidak terlalu jauh dari pusat kota, kurang lebih 5 kilometer. Stasiun ini juga tidak jauh dari objek wisata Kota Lama dan Pasar Johar. Di depan stasiun ini terdapat kolam yang berguna untuk menampung air banjir di Kota Semarang bagian bawah yang sering disebut dengan sebutan polder.

Bangunan luar stasiun ini masih utuh menggunakan bangunan buatan Belanda dulu. Stasiun ini memiliki 6 jalur aktif dan 2 jalur buntu. Jalur 1 (paling selatan) berfungsi untuk persinggahan KA jarak jauh atau menengah yang menaikturunkan penumpang di stasiun ini; jalur 2 untuk persinggahan KA apabila di jalur 1 dan 3 ada KA yang berhenti; jalur 3 untuk kedatangan dan keberangkatan KA jarak jauh dan menengah yang berhenti di stasiun ini serta juga untuk parkir serta persiapan untuk keberangkatan KA Argo Muria, Argo Sindoro, Menoreh, dan Kamandaka; jalur 4 sebagai sepur lurus pertama untuk melintas langsungnya KA dari arah timur maupun barat; jalur 5 sebagai sepur lurus kedua khusus untuk kedatangan dan keberangkatan KA komuter; jalur 6 untuk persilangan KA; serta jalur 7 dan 8 (jalur buntu) digunakan sebagai parkir gerbong yang sedang tak terpakai dan tempat untuk pencucian KA.

Stasiun ini merupakan stasiun yang sangat sibuk karena semua kereta penumpang yang melintasi jalur utara, baik kelas eksekutif, bisnis, maupun ekonomi harus berhenti di sini. Hanya KA Jayabaya dan angkutan barang selain parsel ONS yang tidak berhenti di stasiun ini. Dulunya, hanya kereta api kelas eksekutif dan bisnis yang berhenti di stasiun ini, sementara kereta kelas ekonomi dan komuter berhenti di Stasiun Semarang Poncol.

Kereta api

Kelas eksekutif
Argo Bromo Anggrek, tujuan Jakarta dan tujuan Surabaya
Argo Muria, dari dan tujuan Jakarta
Argo Sindoro, dari dan tujuan Jakarta
Sembrani, tujuan Jakarta dan Surabaya
Bangunkarta, tujuan Jakarta dan tujuan Surabaya via Madiun

Kelas campuran (eksekutif dan bisnis)
Harina, tujuan Cikampek bersambung Bandung dan tujuan Surabaya
Gumarang, tujuan Jakarta dan tujuan Surabaya.

Kelas ekonomi AC plus
Majapahit, tujuan Jakarta dan Malang via Solo-Madiun
Menoreh, dari dan tujuan Jakarta

Kelas ekonomi AC
Matarmaja, tujuan Jakarta dan tujuan Malang via Solo-Madiun
Brantas, tujuan Jakarta dan tujuan Kediri via Solo-Madiun
Kertajaya, tujuan Jakarta dan tujuan Surabaya
Kalijaga, tujuan Semarang Poncol dan tujuan Solo via Brumbung-Gundih
Maharani, tujuan Semarang Poncol dan tujuan Surabaya
Kamandaka, dari dan tujuan Purwokerto via Tegal-Slawi

Komuter ekonomi AC
Blora Jaya Ekspres, tujuan Semarang Poncol dan tujuan Cepu-Bojonegoro
Cepu Ekspres, tujuan Semarang Poncol dan tujuan Cepu-Surabaya
Kedungsepur, tujuan Semarang Poncol dan tujuan Ngrombo

Jam Buka

Senin

24 JAM

Selasa

24 JAM

Rabu

24 JAM

Kamis

24 JAM

Jumat

24 JAM

Sabtu

24 JAM

Minggu

24 JAM

Alamat

Our Address:

Jl. Tawang No 1 Semarang

GPS:

-6.964392343680841, 110.42795169360033

Surel:

-

PETA GPS

Tinggalkan Ulasan

Price
Location
Staff
Services
Food
Publishing ...
Penilaian Anda berhasil dikirim
Mohon isi semua bidang
Captcha check failed