Permaculture untuk Indonesia Mandiri

Permaculture untuk Indonesia Mandiri
Permaculture untuk Indonesia Mandiri

Permaculture untuk Indonesia Mandiri

Infonesia, ketersedian pangan sehat dan mudah diakses menjadi kebutuhan tiap masyarakat Indonesia, apalagi didukung dengan kesuburan tanah dan lahan yang cukup. Sayangnya, penggunaan bahan-bahan kimia dan eksploitasi alam berakibat pada rusaknya ekosistem. Untuk itu dibutuhkan metode tepat agar dapat menuju masyarakat mandiri pangan.

Permaculture merupakan sistem desain untuk mengintegrasikan manusia dengan lahan secara harmonis dan berkelanjutan. Metode ini pertama kali diciptakan oleh Bill Mollison dan David Holmgren tahun 1978. Berbagai daerah di Indonesia sudah menjalankan Permaculture seperti Bali (idepfoundation.org), Yogyakarta (bumilangit.org) dan Bandung (Rumah Kayu Permaculture). Infonesia bisa belajar ilmu permaculture di organisasi – organisasi tersebut.

Sangat meprihatinkan melihat petani bergantung pada industri-industri pertanian, seperti bibit, pupuk kimia, peptisida, yang harganya terlampau mahal. Belum lagi resiko gagal panen yang selalu menghantui menyebabkan ekonomi petani pas-pasan.Pemerintah harusnya bekerjasama dengan organisasi-organisasi untuk migrasi dari pertanian konservatif ke mandir

Sangat ironis Indonesia dengan lulusan sarjana terbanyak di dunia. Belum bisa mengitegrasikan kebutuhan nasional dan ketersedian pangan. Impor masih menjadi solusi utama untuk memenuhi kekurangan di dalam negeri.

Mau sampai kapan?

Salam,

Tukang Info

Tentang InfoAdmin

Tukang Info, Indonesia First Map Directory