Serba Serbi Kota Semarang

Serba Serbi Kota Semarang
Serba Serbi Semarang

Serba Serbi Semarang

Tentang
Sebagai pusat pemerintahan provinsi Jawa Tengah, Semarang tak hanya membangun gedung-gedung tinggi, namun juga mempertahankan areal hijaunya. Dengan slogannya sebagai kota ATLAS (Aman, Tertib, Lancar, Asri dan Sehat), Semarang berusaha menjadi kota layak huni dan nyaman untuk dijadikan persinggahan. Ketersediaan transportasi umum yang memadai dan lingkungan yang masih asri membuat Semarang nyaman untuk dikunjungi.
Kota Semarang memiliki banyak julukan. Selain dijuluki Kota Lumpia, Semarang juga dikenal dengan beberapa julukan lain, seperti Venetie van Java. Julukan ini diberikan oleh pemerintah kolonial Belanda karena Semarang dilalui oleh banyak sungai layaknya Venice di Italia. Ada pula The Port of Java, yang merupakan slogan pariwisata kota Semarang untuk mengenalkan Semarang sebagai kota pelabuhan di Jawa.

Sejarah
Asal nama Semarang erat kaitannya dengan penyebaran agama Islam. Dahulu, kerajaan Demak mengutus Pangeran Made Pandan untuk menyebarkan agama Islam di perbukitan Pergota. Di sana Pangeran Made Pandan menemukan banyak pohon Asam, yang oleh orang Jawa disebut ‘asem arang’, sehingga  akhirnya muncul nama Semarang. Berawal dari sebuah perkampungan, ekonomi Semarang semakin lama semakin meningkat, sehingga wilayahnya diperluas dan statusnya dinaikkan sebagai kabupaten dan ibukota provinsi seperti saat ini.
Pada abad 19 dan 20, kota Semarang dijadikan pusat perdagangan oleh Belanda. Belanda kemudian membangun gereja, gedung perkantoran dan perumahan untuk membuat mereka nyaman tinggal di Semarang. Tak hanya itu, Belanda juga membangun benteng militer. Kawasan yang kental arsitektur Eropa tersebut kemudian lebih dikenal sebagai ‘Little Netherland’ atau Kota Lama.

Cara ke Semarang
Melalui udara
Perjalanan ke Semarang dengan menggunakan pesawat terbang akan mendarat di Bandara Internasional Achmad Yani (SRG).

Transportrasi dari dan ke bandara
Bandara Internasional Achmad Yani (SRG) berjarak hanya 5 km dari pusat kota Semarang, hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 – 20 menit.

Melalui darat
Semarang dapat diakses melalui darat dari berbagai kota di Jawa. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Transportasi umum yang dapat Anda gunakan, antara lain:

Trans Semarang
Jika Anda ingin ke pusat kota Semarang dari bandara dengan harga yang hemat, Anda bisa menggunakan Trans Semarang. Cari bus koridor IV di halte bandara untuk bisa ke pusat kota.
Tarif:
Pelajar (memakai seragam sekolah): Rp 1.500
Umum: Rp 3.500
Jam operasional: 05.00 – 21.00

Angkutan Kota
Untuk menggunakan mikrolet ke pusat kota Semarang, Anda harus berjalan ke luar bandara. Di sana akan Anda temui mikrolet yang mengarah ke pusat kota. Tarif yang dikenakan Rp 5.000.

Taksi
Anda juga bisa menggunakan taksi untuk ke pusat kota Semarang. Dibandingkan dua transportasi sebelumnya, taksi ini memang mengenakan tarif yang lebih tinggi, yaitu Rp 30.000 – Rp 50.000
(harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Kereta Api
Semarang dapat diakses dengan kereta api melalui tiga kota besar di pulau Jawa, antara lain: Surabaya, Jakarta dan Bandung. Ada beberapa pilihan kelas kereta api dengan tarif yang berbeda. Terdapat dua stasiun utama di Semarang yang menjadi tempat keberangkatan dan kedatangan sesuai dengan kelas kereta api yang Anda pilih.
Tarif:
Kelas Ekonomi: Rp 50.000
Kelas Bisnis: mulai dari Rp 235.000
Kelas Eksekutif: mulai dari Rp 285.000

Bus
Anda bisa ke Semarang menggunakan bus yang dapat diakses dari beberapa kota  di Jawa. Seperti kereta, ada beberapa pilihan kelas yang bisa diambil jika Anda memutuskan menggunakan bus untuk ke Semarang.
Tarif:
Kelas Ekonomi (patas non AC): Rp 80.000
Kelas Bisnis: Rp 130.000
Kelas Eksekutif: Rp 265.000
(harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Melalui laut
Sebagai kota pelabuhan, Semarang juga bisa diakses melalui laut. Beberapa kapal dari beberapa kota di Indonesia berangkat menuju Semarang. Pelabuhan Tanjung Mas yang merupakan pelabuhan kebanggaan warga Semarang ini tak hanya dilalui oleh kapal dari pulau lain di Indonesia, namun juga disinggahi beberapa kapal pesiar luar negeri.
Tarif: berkisar mulai dari Rp 200.000
(harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Transportasi di Semarang
Trans Semarang
Tak berbeda dengan Trans Jakarta yang menjadi pilihan transportasi sebagian warga Jakarta karena tarifnya yang terjangkau, warga Semarang juga melakukan hal yang sama. Saat ini terdapat tiga koridor yang melayani penumpang.
Tarif:
Pelajar (memakai seragam sekolah): Rp 1.500
Umum: Rp 3.500
Jam operasional: 05.00 – 21.00
(beberapa koridor Trans Semarang masih dalam tahap pengembangan)

Bus DAMRI
Cara lain berkeliling Semarang adalah dengan menggunakan bus DAMRI. Seperti Trans Semarang, bus damri juga memiliki beberapa rute untuk setiap nomor busnya. Selain itu tarif yang dikenakan pun bervariasi menurut nomor bus, mulai dari Rp 4.500 sampai Rp 6.000.

Taksi
Di Semarang terdapat lima perusahaan taksi yang bisa Anda gunakan untuk berkeliling Semarang. Tarif yang dikenakan bervariasi sesuai dengan lokasi tujuan Anda.

Becak
Becak menjadi salah satu transportasi pilihan wisatawan untuk berkeliling Semarang. Di Semarang, Anda bisa menemukan banyak becak di sepanjang jalan. Menariknya, ada sebuah hotel di Semarang, Hotel Horison, yang mempekerjakan beberapa tukang becak yang kemudian dibina agar bisa mengantar wisatawan berkeliling Semarang. Dengan nama Becak Wisata, mereka akan mengantar tamu hotel yang ingin berkeliling. Tarif yang dikenakan sudah ditetapkan oleh pihak hotel, bervariasi sesuai lokasi tujuan wisatawan. Tarif berkisar mulai dari Rp 20.000.
(harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu).

Tips wisata di Semarang
Cuaca di Semarang tergolong panas, apalagi saat musim kemarau. Jangan memakai pakaian yang tebal karena akan membuat semakin gerah.

 

Tentang InfoAdmin

Tukang Info, Indonesia First Map Directory