Tips Memilih Batik di Hari Batik Nasional ala Tukanginfo.com

Tips Memilih Batik di Hari Batik Nasional ala Tukanginfo.com

hari batik nasional  - Tukang Info, First Indonesia Map Directory komunitas kesehatan pendidikan kuliner wisata event kerja usaha

Tips Memilih Batik di Hari Batik Nasional ala Tukanginfo.com

Batik dengan beranekaragam corak dan gaya menjadi harta budaya yang wajib dilestarikan.
Batik secara bahasa berasal dari kata Amba dan Tik (bahasa jawa) yang mempuyai arti menulis titik.

Perkembangan batik dewasa ini di Indonesia sangatlah pesat. Inovasi bermunculan dengan cepat di kancah pasar perdagangan nasional maupun internasional. Desainer, pengrajin, pengusaha, pemerintah, bergerak selaras untuk mempopulerkan batik pada dunia. Sudah bisa dipastikan varietas batik menjadi sangat banyak. Hal ini menjadi problem bagi infonesia yang tidak paham cara memilih batik.

Untuk memilih batik berkualitas, terlebih dahulu infonesia harus memahami batik secara keseluruhan ( kain, bahan pewarna, tehnik membatik).
1. Pilih Jenis Kain:
Jenis kain biasa digunakan pada batik kain sutera, kain serat nanas, kain paris, kain katun, kain mori. Pililah jenis kain yang sesuai dengan kebutuhan aktifitas infonesia, karena kenyamanan menjadi faktor penting dalam dunia fashion.

2. Pilih Tehnik Batik
Tehnik batik gambar ( tulis ), tehnik batik cap, tehnik batik printing. Tehnik membatik berpengaruh pada corak dan hasil. Batik tulis dengan kerumitan tertentu akan menjadi nilai mahakarya yang tinggi.

3. Pilih Bahan Pewarna
Bahan pewarna yang kurang bagus akan menjadikan batik mudah luntur. Dengan banyaknya dicuci warna batik akan memudar. Sangat disayangkan apabila corak bagus tapi pudar.

Infonesia secara mudah bisa mengenali batik berkualitas hanya dengan sekali sentuhan tangan. Memang butuh proses agar infonesia bisa, salah satunya dengan datang di event pameran batik. Salah satunya event yang akan datang di Pekan Batik Pekalongan dan Nuansa Purworejo Expo.
Acara ini bisa membatu infonesia mengenal batik lebih dalam lagi.

Salam,
Tukang Info