Zhou Youguang Bapak Pinyin, Penyelamat Warga Tiongkok

Zhou Youguang Bapak Pinyin, Penyelamat Warga Tiongkok
Zhou Youguang Bapak Pinyin, Penyelamat Warga Tiongkok

Zhou Youguang Bapak Pinyin, Penyelamat Warga Tiongkok, Pic by Google Doodle

Zhou Youguang lahir pada 13 Januari 1906  merupakan penyelamat bagi warga Tiongkok. Penemunya di bidang linguistik (Pinyin) yang memudahkan aksara Tinghoa untuk ditulis latin. Dia juga lebih dikenal sebagai Bapak Pinyin (Suara Mantra).

Sebelum diciptakan sistem Pinyin, sistem yang paling tekenal adalah Wade-giles. akan tetapi ahli bahasa sepakat sistem ini agak sulit dibanding Pinyin.

Google Doodle hari ini  mengubah logonya di 12 negara untuk memperingati hari kelahiran Zhou Youguang. Zhou Youguang juga dijuluki sebagai ensiklopedia Zhou berkat 40 buku dari menterjemahkan Ensiklopedi Britannica ke bahasa Tionghoa. Bahkan 10 buku diantaranya ditulis saat umur 100 tahun. Akan tetapi beberapa bukunya dinyatakan dilarang beredar. Pengkritik garis keras tehadap partai komunis membuat Zhou mendapatkan status non grata di acara-acara resmi kenegaraan.

“Orang Cina menjadi kaya tidak penting, kemajuan manusia pada akhirnya adalah kemajuan menuju demokrasi” Zhaou Youguang. Zhou Youguang yang meninggal pada 14 Januari 2017 di usia ke-111 tahun menjadi salah satu supercentenarian Tiongkok. Supercentenarian adalah orang yang berusia di atas 110 tahun.

Dilansir Wikipedia, hanya ada 10 orang di Negeri Tirai Bambu yang berusia lebih dari 110 tahun, salah satunya adalah Zhou Youguang.

Salam,

Tukang Info

Tentang InfoAdmin

Tukang Info, Indonesia First Map Directory